Selasa, 07 April 2009

Perlunya Pengembangan Industri Pertanian Indonesia


Perkembangan Industri Pertanian merupakan salah satu kegiatan ekonomi Indonesia yang memiliki prospek cerah untuk menjadi tulang punggung pembangunan dengan landasan idealisme pertanian yang kuat. Faktor pendukung industri pertanian yang utama adalah terdapatnya sumber daya alam yang selalu dapat diperbarui dan keterkaitannya dengan tingkat teknologi yang semakin maju. Faktor kedua adalah terdapatnya cukup banyak tenaga kerja yang kerja dengan latar belakang pendidikan yang memadai. Industri pertanian merupakan kegiatan untuk mendapatkan nilai tambah yang optimal dari bahan mentah hasil pertanian sehingga dapat menjadi wahana peningkatan kemakmuran ekonomi masyarakat. Faktor ketiga adalah pasar domestik dan internasional yang selalu membutuhkan produk pertanian.

Pengembangan sektor pertanian membutuhkan dukungan teknologi, termasuk teknologi biologis dan mekanis untuk mengolah hasil-hasil pertanian. Dewasa ini, dalam riset pertanian, Indonesia boleh dikatakan ketinggalan dibanding dengan yang telah berkembang di Taiwan atau Thailand. Penelitian pertanian ini membutuhkan banyak tenaga ahli dan biaya yang besar. Juga memakan tempo yang lama, sehingga disangsikan apakah perkembangan teknologi sekarang ini mampu mengejar ketertinggalan teknologi dari negara- negara lain. Melihat masalah pembangunan pertanian yang cukup kompleks dan mendasar di atas maka, masalah ini membutuhkan komitmen pemerintah yang tinggi.

Kebijaksanaan pertanian yang diyakini dan disikapi secara tegas. Jika tidak, maka masyarakat akan tetap ragu untuk memasuki sektor pertanian ini. Demikian pula lembaga keuangan dan perbankan akan tetap gamang untuk memasuki bidang pertanian. Oleh karena itu maka yang dibutuhkan sekarang ini adalah sebuah rumusan mengenai strategi pembangunan yang meletakkan sektor pertanian sebagai poros. Pertanyaannya mungkin adalah, apakah konsep ini dapat dipertahankan validitasnya secara ilmiah atau dapat diterima secara politik. Sebab, seperti telah diuraikan di atas, banyak masalah yang harus dijawab mengenai pembangunan pertanian dan pedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar