Rabu, 11 Februari 2009

SEBUAH PERENUNGAN.......


Apa penjelasan kamu terhadap kata BENALU. Ungkapan terhadap orang yang selalu menyusahkan orang lain ? tidak mau berusaha sendiri ?, atau sejenis tumbuhan yang hidup di pucuk-pucuk pohon ?. Sebagai tumbuhan, bagaimana benalu bisa tumbuh di pucuk pohon? Benarkah benalu merugikan ?

Benalu (Loranthus, familia Euphorbiaceae) adalah jenis tumbuhan yang tidak memerlukan media tanah sebagai tempat hidupnya, mereka hidup ”menumpang” pada tumbuhan lain. Tumbahan ini disebut tumbuhan parasit, karena menggantungkan sebagian atau seluruh kebutuhan hidup (makanan dan energi) dari tumbuhan lain (tumbuhan yang ditumpangi nya disebut INANG). Tidak jarang Inang-nya mati karena ”makanan” nya di serap oleh benalu.

Ada dua jenis tumbuhan parasit, yaitu Parasit Fakultatif, yang hanya mengambil sebagian ”makanan” dari tumbuhan lain, jenis ini masih memiliki daun untuk melakukan proses fotosintesa sendiri, contohnya adalah benalu. Parasit Obligat (parasit sejati) yang menggantungkan sepenuhnya pada tumbuhan lain, misal Rafflesia. Ada juga jenis tumbuhan yang ”hanya” menumpang, tanpa mengambil makanan/energi dari tumbuhan inangnya, tumbuhan ini disebut efifit, contohnya dalah anggrek.

Oh ya, bagaimana benalu bisa tumbuh pada dahan-dahan pohon yang tinggi?, mereka tersebar oleh burung-burung atau binatang yang kebetulan memakan buah dan bijinya, lalu burung-burung atau binatang itu membuang kotorannya dan menempel pada dahan pohon, selanjutnya biji yang tidak ikut tercerna itu berkecambah dan mulai hidup.

Walaupun benalu dianggap parasit oleh tumbuhan inangnya, ternyata manusia memperoleh manfaat dari benalu ini. Beberpa ahli herbal (obat dari tumbuh-tumbuhan) memanfaatkan benalu ini sebagai obat. Beberpa yang terkenal adalah benalu teh yang konon dapat digunakan sebagai obet kanker.

Kalau kamu hidup dengan cara bergantung pada orang lain dan merugikan orang lain tersebut, maka bersiaplah kamu di beri julukan sebagai benalu.***

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar